Keutamaan Sedekah Dalam Islam

Sedekah merupakan kegiatan yang baik Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271.

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271)

Keinginan kaum muslim untuk bersedekah saat ini semakin naik. Bersedekah tidak hanya bagi orang-orang yang memiliki kelebihan harta. Tapi, bagi siapa saja yang ingin berbuat baik. Sedekah berasal dari makna bahasa shidqoh yang berarti benar. Para ulama menyebutkan orang yang suka bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya.

Sedekah memiliki banyak jenis mulai dari materi seperti uang, makanan, barang, dan memberi makan hewan. Non materi contohnya ilmu, tenaga, senyum. Saat mengajari teman atau berbagi materi kuliah juga termasuk sedekah.

amal Jariyah yang tiada putusnya

Jenis sedekah yang lain ialah sedekah jariyah contohnya adalah wakaf yang bisa dimanfaatkan misal dijadikan masjid atau sekolah. Pahala akan terus mengalir kepada si pemberi wakaf saat masyarakat umum tersebut terus merasakan manfaatnya. Contoh lain wakaf adalah dengan membuat sumur.

Dari Abu Hurairah R.A., bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pada hadis lain mengenai sedekah jariyah adalah ilmu yang bermanfaat. Contohnya adalah seorang guru yang mengajarkan satu huruf alquran. Pahala kebaikan saat si murid membaca Al-Qur’an selama dia hidup akan terus mengalir kepada si guru.

Semua amal jariyah yang memberi manfaat kepada sesama, akan tetap mendatangkan pahala bagi pelakunya meski telah meninggalkan alam dunia. Sebagian besar amal jariyah selalu berkaitan dengan kehidupan sosial dan kemanusiaan. Spirit sedekah perlu diamplifikasi untuk menangkal sikap mementingkan diri sendiri, kesenjangan sosial dan pengagungan materi yang merusak keharmonisan kehidupan dalam masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *