Peristiwa Penting Dibulan Rajab, Bulan Yang Dimuliakan

Bulan Rajab bagi umat Muslim di kenal sebagai bulan yang mulia. Pada bulan ini, banyak amalan dengan pahala yang melimpah bisa di raih setiap hari.
Bukan tanpa alasan Rajab di katakan sebagai bulan yang mulia. Sebab, banyak peristiwa penting di bulan Rajab yang terjadi di masa lalu.

Bulan Rajab Termasuk Bulan Haram-peristiwa penting pada bulan rajab

Menukil NU Online, bulan Rajab termasuk dalam al asyhur al-hurum atau bulan-bulan haram. Haram yang di maksud adalah mulia.

Berarti, bulan Rajab adalah satu dari empat bulan yang di muliakan oleh Allah SWT, bersama dengan bulan Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharam.

5 Peristiwa Di Bulan Rajab

1. Nabi Muhammad mulai ada dalam kandungan

Rajab menjadi bulan yang sangat penting. Di bulan inilah, pertama kalinya Nabi Muhammad SAW ada dalam kandungan.

Sang ibu, Sayyidah Aminah binti Wahab mengandung Nabi Muhammad yang kemudian lahir pada bulan Rabiul Awal, sembilan bulan kemudian.

2. Terjadinya Peristiwa Isra’ dan Mi’raj

Bukan hanya bulan pertama Nabi Muhammad ada dalam kandungan, Rajab juga jadi peristiwa paling penting bagi seluruh umat Islam. Sebab, di bulan ini mukjizat Isra Mi’raj terjadi.

Dalam peristiwa Isra Mi’raj, Nabi Muhammad di angkat ke langit untuk bertemu Allah SWT. Pada peristiwa ini, Nabi Muhammad di muliakan dan perintah salat lima waktu diturunkan.

Baca Juga: Keutamaan Bulan Rajab

3. Pembebasan Palestina

Pada akhir bulan Rajab, Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi membebaskan Baitul Maqdis, Palestina. Pembebasan di lakukan tanpa melewati perang senjata.

Dia justru mempersatukan umat Islam dalam satu akidah, yakni akidah Ahlussunnah wal Jama’ah. Penyatuan akidah ini di anggap sebagai cara yang paling benar, alih-alih perang senjata yang bisa merenggut banyak nyawa.

4. Kelahiran sahabat Nabi, Ali bin Abu Thalib di Bulan rajab

Salah satu sahabat Nabi yang paling terkenal, yakni Ali bin Abu Thalib juga lahir di bulan Rajab, tepatnya pada tanggal 13.Mengutip berbagai sumber, bukan hanya sahabat, Ali juga merupakan sepupu sekaligus menantu Rasulullah SAW.

5. Perang tabuk

Menukil Learn About Islam, perang tabuk juga terjadi bulan Rajab. Perang ini adalah pertempuran terakhir yang di ikuti oleh Nabi Muhammad.

Itulah lima peristiwa penting di bulan Rajab. Penting untuk terus melakukan amalan saleh demi mendapatkan keberkahan di salah satu bulan paling mulai ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *